Selasa, 18 November 2008

PUJIAN TERHADAP SAYYID MUHAMMAD RASYID REDHA DALAM MENYEBARKAN DAKWAH SALAFIYYAH

Terdapat segelintir kaum muslimin pada hari ini telah menuduh bahawa Syaikh Rasyid Redha seorang Aqlani-Mu'tazili dan tidak kurang juga sebahagian kaum muslimin yang mendakwa bahawa Syaikh Rasyid Redha seorang yang sangat menentang salafiyyah. Apakah dakwaan ini benar atau dusta?

Firman Allah S.W.T:

"Kelak mereka akan mengetahui siapakah yang sebenarnya amat pendusta lagi sombong" (al-Qomar : 26)


"Tidak diragukan lagi bahawa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang mereka rahsiakan dan apa yang mereka lahirkan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong."
(an-Nahl : 23)


"(Yaitu) orang-orang yang memperdebatkan ayat-ayat Allah tanpa alasan yang sampai kepada mereka. Amat besar kemurkaan (bagi mereka) di sisi Allah dan di sisi orang-orang yang beriman. Demikianlah Allah mengunci mati hati orang yang sombong dan sewenang-wenang." (al-Mu'min : 35)


"Maka tatkala mereka bersikap sombong terhadap apa yang dilarang mereka mengerjakannya, Kami katakan kepadanya: "Jadilah kamu kera yang hina" (al-A'raf : 166)

Maka di sini dibawakan kesaksian daripada beberapa Ulama' terhadap Sayyid Rasyid Redha dalam menjawab tuduhan-tuduhan yang dilemparkan. Semoga dapat diambil pelajaran dan menjaga lisan-lisan kaum jufat dari kedengkian dan kejahatan jiwanya.


1. Kitab Hayatul Albani (Perikehidupan Albani, pengaruhnya dan pujian ulama terhadapnya) oleh Muhammad Ibrahim asy-Syaibani hal. 400-401.


Berkata al-Imam al-Albany -Rahimahullah- : "Sayyid Muhammad Rasyid Redha rahimahullah mempunyai jasa yang besar terhadap dunia Islam secara umum dan khususnya kepada salafiyun. Semuanya ini kembali kepada eksistensinya sebagai seorang da'i yang mana langkahnya yang telah menyebarkan Manhaj Salaf di seluruh penjuru dunia melalui majalahnya al-Manar. Dan sungguh beliau telah berjuang di dalam menjalankan tugas ini dengan perjuangan yang sepatutnya dan selayaknya disyukuri dan semoga balasan pahala baginya yang telah tertimbun di sisi Rabb-nya. Selain sebagai seorang da'i yang mengajak kepada ittiba' Manhaj Salaf baik Aqidah, Fikrah maupun Akhlaq, beliaupun memiliki perhatian yang patut disyukuri terhadap hadits-hadits sahih dan dha'if. Hal ini merupakan suatu yang tidak tertutup/tersembunyi bagi seorang muslim yang memiliki sedikit pengetahuan tentang Islam, bahawasanya hadis-hadis Rasulullah Shallallahu 'alahihi wa sallam adalah satu pengetahuan tentang Islam, bahawasanya hadits-hadist Rasulullah Shallallahu 'alahihi wa sallam adalah satu-satunya jalan untuk memahami kitabullah dengan pemahaman yang benar. Banyak ayat-ayat al-Qur'an yang tidak mungkin dapat difahami kecuali dengan penjelasan dari Sunnah Nabawiyah."


Kemudian beliau berkata, "Sayyid Muhammad Rasyid Redha Rahimahullah memiliki perhatian yang besar terhadap Ilmu Hadis, hal ini dilakukan sebatas kemampuan beliau secara ilmiah, sosial dan politik. Maka dengan banyaknya sanad-sanad hadis lemah yang diingatkan oleh beliau melalui majalahnya al-Manar yang merupakan benih yang baik, menjadikan kaum Muslimin mengarahkan perhatian mereka kepada hadis-hadis Rasulullah. Dan manakala pengakuan suatu keutamaan/jasa oleh ahlul fadhl (ahli yang utama) terhadap mereka yang memiliki jasa/keutamaan merupakan suatu haq (kebenaran), maka pada kesempatan yang baik ini saya pun menulis kalimah ini agar dapat dibaca dan diketahui oleh siapa saja yang sampai kepadanya tulisan ini bahwasanya -berkat kurnia Allah- aku (Albani), beserta apa yang aku berada di dalamnya mulai dari berittijah (menuju) kepada pemahaman salafiyyah hingga memisahkan hadis-hadis sahih dan dha'if, semuanya itu jasa dan keutamaannya yang pertama, kembali kepada Sayyid Muhammad Rasyid Redha rahimahullah melalui beberapa edisinya majalah al-Manar yang aku mengenalnya pada awal aku mulai kegiatanku di dalam menuntut ilmu."


2. Kitab "Dakwah Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan pengaruhnya terhadap gerakan Islam moden" karya Syaikh Sholahudin Maqbul Ahmad, yang dibaca kembali oleh Syaikh Rabi' bin Hadi al-Madkhaly hal. 59-63, sebagai berikut :


"Majalah al-Manar dan Peranannya di dalam Menyebarkan Pemahaman Salafiyyah"

Sayyid Muhammad Rasyid Redha rahimahullah, pendiri majalah al-Manar tahun 1315H belajar tentang kebebasan berpendapat dan berfikir dari al-Afghani dan Muhammad Abduh, hal ini mendorong beliau untuk mempelajari kitab-kitab Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnul Qoyyim al-Jauziyyah serta tokoh-tokoh pendukung mereka seperti Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab. Sementara waktu itu, membaca buku-buku tersebut dilarang di lingkungan beliau. Kebetulan sekali tulisan-tulisan mereka sesuai dengan keinginan beliau yang luhur untuk mengajak ummat agar kembali kepada al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah Shallallahu 'alahihi wa sallam. Maka mulalah beliau mengarah kepada pemahaman salaf di dalam beraqidah dan beramal, dan membebaskan diri beliau dari penyimpangan-penyimpangan Syaikhnya Muhammad Abduh.


Beliau (Syaikh Rasyid Redha) berkata, "Bahwasanya setelah aku bebas berbuat sepeninggal beliau (Muhammad Abduh), akupun menyelisihi manhajnya (rahimahullah) dengan memperluas dari hadis-hadis sahih apa-apa yang ada kaitannya dengan suatu ayat baik dalam penafsirannya atau pengambilan hukum darinya." (Tafsir al-Manar I/16 Muqoddimah).


Al-Allamah Muhammad Kurdi Ali berkata : "beliau (Rasyid Redha) mendirikan majalah al-Manar dan menjadikan temanya yang pertama 'reformasi islam', beliau meninggalkan sufisme dan kembali ke manhaj salaf, dalam memainkan peranan ini, beliau termasuk orang yang banyak mengambil ilmu dari kitab-kitab salaf dan menukil dari mereka serta berjalan di atas petunjuk melalui pendapat-pendapat mereka seperti Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnul Qoyim al-Jauziyah, maka tersebarlah majalah al-Manar di seantero dunia Islam, diantara mereka ada yang pro dan kontra dan yang paling banyak kontranya adalah para syaikh dari al-Azhar. Sebagaimana beliaupun menulis dalam masalah politik. Dan kerana terdorong oleh keikhlasan dan ghairah terhadap kemaslahatan jama'ah kaum muslimin, beliau dengan terang-terangan mengingkari dengan keras para ulama' amatiran dan para mubtadi'."


3. Syaikh Ahmad bin Hajar al-Buthami dalam kitabnya "Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab" berkata :


"Benar-benar dakwah yang diberkahi ini (da'wah tauhid yang dibawa oleh Syaikh Muhammad Abdul Wahhab) telah tersebar di Hadramaut dan Jawa dengan perantara Syaikh Rasyid Ridha dan didirikannya Jum'iyyah Al-Irsyad di sana yang mengajak kepada Kitabullah dan Sunnah Rasulullah, memberantas bid'ah dan khurafat, selaras dengan minda "Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab."


4. Dr. Abdurrahman al-Furyawa'i berkata : "Dengan menelaah tulisan-tulisan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Ibnul Qoyim, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab dan hubungannya dengan ulama salafiyyah di Nejad, Hijjaz dan India, telah memperngaruhi keperibadiannya dan mendorong semangat beliau untuk berdakwah kepada pemahaman salaf. Membela da'wah salafiyah dan para imam-imamnya serta memberantas I'tiqod bid'ah, syirk dan tasawwuf. Sebagaimana hal ini ketara dengan jelas melalui tulisan-tulisan beliau dalam mendukung gerakan Wahabiyah, membela negeri tauhid (Saudi Arabia) dan penguasanya Raja Abdul Aziz Alu Su'ud serta menyebarkan kitab "Menjaga manusia dari godaan Syaikh Dahlan" yang ditulis oleh al-Allamah Muhamamd basyir as-Sahwani yang diberi kata pengantar dan ta'liq oleh beliau.


5. Dr. Muhammad bin Abdullah Alu Salman berkata : "Kemudian muncul Sayyid Muhammad Rasyid Redha tahun 1345H. yang hijrah dari Syam ke Mesir pada tahun 1315H, beliau dianggap sebagai sebuah keperibadian salafi, beliau adalah salah satu murid al-Afghani dan Muhammad Abduh. Dan adalah benar beliau sebagai penopang dan da'i terbesar bagi gerakan salafiyyah di Mesir khususnya dan di negeri-negeri Arab pada umumnya. Beliau telah menyusun banyak kitab sebagai penunjang da'wah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab, mendirikan majalah al-Manar di Mesir pada tahun 1315H yang terus terbit sampai wafatnya tahun 1354/1935M. Demikan pula percetakan al-Manar di Mesir telah banyak mencetak tulisan-tulisan ualam penyebar da'wah salafiyyah dari Nejad. Sayyid Muhammad Rasyid Redha dengan kegiatan salafinya telah mencapai hasil yang besar di Mesir dan dunia Islam lainnya, sehingga munculnya banyak pengikut yang menopang da'wah salafiyyah bertebaran dengan munculnya organisasi-organisasi yang berwala' dan mengikuti da'wah salafiyyah seperti Jum'iyyah Ansharus Sunnah di Kairo Mesir, tahun 1345H yang didirikan oleh al-Allamah Syaikh Muhamad Hamid al-Faqihi, seorang murid syaikh Muhammad Rasyid Ridha."


6. Syaikh Muhammad al-Maghrawi berkata, "Syaikh Muhammad Rasyid Redha benar-benar telah menampakkan Madzhab salaf yang baik, terlihat dari apa-apa yang beliau kumpulkan dalam tafsirnya al-Manar, beliau menetapkan mazhab salafus soleh di dalam kebanyakan ayat sifat dan membelanya. Walaupun terkadang beliau terjerumus ke dalam ta'wil dalam beberapa ayat, namun beliau tetap dianggap sebagai orang yang lebih banyak mendapatkan shibghoh (celupan) salafiyah. Pujian beliau terhadap Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, Muhammad Abdul Wahhab dan pengikut manhaj mereka berdua di dalam dakwah dan aqidah seperti Jamaludin al-Qoshimi, semuanya itu menunjukkan kekaguman beliau terhadap madzhab salaf,"


7. Dari Kitab 'Aqidah Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab as-Salafiyah wa atsaruha fil 'alamil Islami' (Aqidah Syaikh Muhammad Abdul Wahhab salafiyah dan dampaknya bagi dunia Islam) oleh Syaikh Sholih bin Abdullah al'Abud, hal. 683


"..Sehingga Allah Ta'ala memberikan kesempatan untuk kembali kepada Aqidah Salafus Soleh melalui raja Abdul Aziz bin Abdirrahman al-Faishol. Pada saat itu, kami mendapatkan percetakan al-Manar di Mesir serta pemiliknya Sayyid Muhammad Rasyid Redha, menerima kebaikan dan mempunyai hubungan kerjasama dengan raja Abdul Aziz di dalam menyebarkluaskan tulisan-tulisan dan atsar-atsar ulama da'wah yang dipimpin oleh Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab. Sebagai contoh adalah kitab Majmu'ah Rasa`il dan Masa`il an-Najdiyyah (4 jilid besar) dan kitab-kitab para salafus soleh di bidang fiqh, tafsir dan hadis yang mencapai jumlah besar, dimana beliau (Imam Muhammad bin Abdul Wahhab) mempunyai pengaruh sangat besar dalam menyatukan kaum muslimin dan menyebarkan al-Haq yang telah hilang melaui tulisan-tulisan salafiyyah tersebut. Sementara Syaikh Muhammad Rasyid Ridha berkhidmah dengan memberi komentar (ta'liq) dan mengawasi percetakan/penerbitannya. Beliau juga memiliki sifat-sifat terpuji, tulisan-tulisan yang adil dan penjelasan-penjelasan tentang kebenaran al-Haq dalam majalahnya yang besar al-Manar, yang terbit selama bertahun tahun, dan beliau menyebarkan semua itu sebagai suatu pembelaan yang mulia terhadap da'wah salafus soleh, dan tidaklah beliau terdorong untuk membelanya kecuali lantaran terpengaruh oleh Aqidah Salafus Soleh dan pandangan beliau akan kebangkitan muslimin jika terbangun dari kelalaian mereka, agar kembali kepada agama mereka dengan berpegang kepada aqidah yang selamat ini. Dan diantara tulisan-tulisan beliau, saya menemukan beberapa risalah yang telah diterbitkan dalam majalah al-Manar dan surat kabar al-Ahram. Risalah-risalah tersebut dikumpulkan dan diterbitkan dengan judul al-Wahabiyun wal Hijjaz diterbitkan pertama kali pada 1344H. dan sekarang menjadi sebuah kitab dengan memakai judul tersebut dan ditambahkan beberapa pembahasan yang menerangkan dengan jelas hakikat aqidah salafiyyah sebagiamana tulisan beliau, Syahadatul Tarikh lil Wahabiyin."


http://wahabiah.blogspot.com


Tiada ulasan:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails